EDWARDS2010 – Albury-Wodonga, dikenal sebagai jantung komunitas di perbatasan New South Wales dan Victoria di Australia, adalah rumah bagi beragam budaya yang telah membentuk pemandangan kuliner wilayah ini. Dengan pengaruh dari penduduk lokal dan migran, daftar makanan favorit di wilayah ini mencerminkan sebuah palet yang kaya akan rasa dan tradisi. Berikut ini adalah beberapa makanan favorit yang mencerminkan selera dan keunikan komunitas Albury-Wodonga.

  1. Pie Australia
    Pie daging adalah ikon kuliner Australia, dan di Albury-Wodonga, pie ini menjadi santapan yang tidak hanya populer sebagai makan siang tapi juga sebagai comfort food. Isinya yang kaya dengan daging sapi cincang atau potongan daging kambing, saus gravy yang kental, dan kadang-kadang ditambah dengan sayuran atau keju, menyajikan rasa yang memuaskan. Pie lokal sering disajikan dengan “mushy peas” (kacang polong yang dilumatkan) atau saus tomat.
  2. Ikan dan Kentang Goreng (Fish and Chips)
    Meski merupakan makanan khas Inggris, ikan dan kentang goreng telah menjadi favorit di seluruh Australia, termasuk di Albury-Wodonga. Makanan ini biasanya terdiri dari ikan laut seperti flake (hiu gummy) yang digoreng dengan adonan hingga renyah disertai dengan kentang goreng yang gurih. Ikan dan kentang goreng sering dinikmati di pinggir sungai Murray, yang melintasi wilayah ini.
  3. Barbecue Australia
    Barbecue atau BBQ adalah kegiatan sosial sekaligus pengalaman kuliner yang sangat Australia. Di Albury-Wodonga, daging seperti steak, sosis, dan daging kambing sering kali dibumbui dan dimasak di atas panggangan terbuka. BBQ sering dilakukan di taman lokal atau di halaman belakang rumah sebagai bagian dari pertemuan keluarga atau komunitas.
  4. Kangaroo Meat
    Kangaroo meat merupakan salah satu jenis daging yang kian populer di Australia karena rendah lemak dan dianggap sebagai pilihan daging yang berkelanjutan. Di Albury-Wodonga, daging kanguru mungkin disajikan sebagai steak, burger, atau bahkan dalam sajian pie.
  5. Makanan Kafe Kontemporer
    Trend kafe di Albury-Wodonga mengikuti tren global dengan menyajikan makanan sehat dan kontemporer. Menu seperti smoothie bowls, avo toast, dan salad quinoa adalah beberapa contoh yang menjadi favorit, menawarkan pilihan yang lebih ringan dan sehat bagi penduduk lokal.
  6. Makanan Etnik
    Dengan populasi yang beragam, Albury-Wodonga juga memiliki berbagai pilihan makanan etnik, dari masakan Asia seperti Cina, Thailand, dan India, hingga masakan Eropa dan Timur Tengah. Restoran-restoran ini menyajikan hidangan autentik yang telah menjadi bagian dari pilihan makanan di daerah ini.
  7. Anggur dan Keju Lokal
    Wilayah ini juga terkenal dengan produksi anggur, terutama dari lembah King dan Rutherglen. Anggur dari wilayah ini sering dipadukan dengan papan keju yang menawarkan seleksi keju lokal dan impor.
  8. Kue Lamington dan Pavlova
    Untuk pencuci mulut, kue Lamington – kue spons yang dilapisi cokelat dan ditaburi kelapa parut – dan Pavlova – meringue yang renyah di luar dan lembut di dalam dengan topping buah-buahan segar – adalah dua makanan penutup yang sangat disukai dan sering dihidangkan dalam berbagai acara.

Kesimpulan:
Kuliner Albury-Wodonga adalah cerminan dari komunitasnya yang beragam. Dari pie dan BBQ yang khas Australia, hingga masakan dari berbagai belahan dunia, daftar ini hanya permulaan dari apa yang bisa dinikmati di wilayah ini. Pengunjung dan penduduk setempat sama-sama dapat menikmati pengalaman kuliner yang kaya dan memuaskan di Albury-Wodonga.

By edwards