EDWARDS2010 – Ketika kita berbicara tentang kopi, biasanya yang terbayang adalah kenikmatan rasa dan aroma yang menenangkan. Namun, ada satu varian kopi yang berhasil mencuri perhatian dunia, tidak hanya karena rasanya yang nikmat tetapi juga penampilannya yang menarik. Kopi tersebut adalah Dalgona Coffee, minuman yang namanya terinspirasi dari permen karamel Dalgona yang populer di Korea. Dalgona Coffee menjadi viral di internet, khususnya melalui platform media sosial seperti TikTok dan Instagram, menyusul tren #dalgonacoffeechallenge. Mari kita ulas bagaimana Anda bisa membuat minuman menarik ini di rumah.

Bahan-bahan untuk Membuat Dalgona Coffee:

  • 2 sendok makan bubuk kopi instan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air panas
  • 400 ml susu segar, bisa diganti dengan susu almond atau susu kedelai untuk versi bebas laktosa
  • Es batu (opsional)

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Pencampuran Bahan Kopi
    Dalam sebuah mangkuk, campurkan bubuk kopi instan, gula pasir, dan air panas. Perbandingan untuk membuat Dalgona Coffee adalah 1:1:1, sehingga rasa kopi yang dihasilkan akan seimbang.
  2. Pengocokan Kopi
    Dengan menggunakan mixer atau whisk, kocok campuran bahan tersebut hingga mengembang dan berwarna lebih pucat. Proses ini mungkin membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit dengan mixer atau lebih lama jika menggunakan whisk. Anda akan mengetahui campuran sudah siap ketika teksturnya menjadi ringan dan bisa bertahan bentuknya.
  3. Persiapan Susu
    Siapkan gelas sajian yang Anda inginkan. Isi gelas dengan es batu jika Anda ingin menikmati Dalgona Coffee dingin. Tuangkan susu segar ke dalam gelas, tinggalkan sekitar satu inci ruang kosong di bagian atas untuk busa kopi.
  4. Penyajian
    Ambil campuran kopi yang telah dikocok tadi dan sendokkan lembut di atas susu. Anda dapat menambahkan jumlah busa kopi sesuai dengan selera Anda.
  5. Pencampuran Sebelum Dinikmati
    Sebelum diminum, aduk perlahan campuran kopi dan susu agar tercampur dengan baik. Ini akan memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang krem.

Tips dan Trik:

  • Pastikan untuk menggunakan kopi instan, karena jenis kopi ini memiliki sifat yang cocok untuk menghasilkan busa yang tebal dan stabil.
  • Gunakan air panas, karena membantu gula larut dengan baik dan menghasilkan busa yang optimal.
  • Kocok campuran kopi dengan kecepatan tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Dalgona Coffee dapat dinikmati baik dingin maupun hangat, sesuai dengan preferensi Anda.

Dalgona Coffee tidak hanya memberikan sensasi rasa yang nikmat tapi juga pengalaman estetika yang menyenangkan. Minuman ini sempurna bagi Anda yang ingin menikmati kopi dengan cara yang berbeda atau mencari alternatif untuk menyegarkan hari. Selain itu, proses pembuatannya yang simpel membuat siapa saja bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba dan bergabung dalam tren kopi global yang menggembirakan ini!

By edwards