Gempa berkekuatan 5,6 SR melanda kawasan Mbay Nagekeo, NTT, pada Kamis malam (25/1/2024), pukul 19.24.13 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan lokasi gempa bumi Flores di laut berada pada koordinat 8,26 Lintang Selatan, 121,20 Bujur Timur, dengan pusat gempa 47 km barat laut Mbay Nagekeo, NTT. Kedalaman gempa 11 kilometer, tulis BMKG.

BMKG menyebutkan gempa berdampak dan dirasakan di Ruteng, Waingapu, Bajawa, Ende, Maumere, Labuan Bajo III MMI, Kupang II MMI. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan dengan memperhatikan letak episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas gaya dorong busur belakang Flores. . .

“Saya risultati dell’analisi del meccanismo di origine mustrano che il terremoto ha un meccanismo di faglia di spinta”, demikian kata Daryono. BMKG juga memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Pada pukul 19.46 WIB, hasil pantauan BMKG menunjukkan terjadi 3 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar berkekuatan M3,9. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan akibat gempa tersebut, namun warga diimbau mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan.

By edwards