EDWARDS2010 – Merawat kakiseribu (Euphorbia milii), yang juga dikenal sebagai crown of thorns, merupakan tugas yang cukup sederhana namun memerlukan pemahaman tentang kebutuhan spesifik tanaman ini. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk merawat kakiseribu dengan baik:

1. Pemilihan Lokasi dan Pencahayaan

Kakiseribu adalah tanaman yang menyukai sinar matahari. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, tanaman ini harus diletakkan di tempat yang menerima sinar matahari langsung selama beberapa jam sehari. Namun, di daerah dengan iklim yang sangat panas, pencahayaan yang terlalu intens dapat membakar daun, jadi penyediaan naungan parsial diperlukan.

2. Penyiraman

Tanaman ini tahan kekeringan dan menyimpan air di dalam batangnya. Penyiraman berlebihan dapat menyebabkan pembusukan akar, sehingga memastikan tanah cukup kering sebelum penyiraman berikutnya adalah kunci. Selama musim panas, penyiraman dapat dilakukan sekali atau dua kali seminggu, sementara di musim dingin, kurangi frekuensi penyiraman.

3. Jenis Tanah

Kakiseribu memerlukan tanah yang memiliki drainase baik. Campuran tanah yang ideal adalah campuran tanah kaktus atau tambahkan pasir kasar atau perlite ke tanah pot biasa untuk meningkatkan drainase.

4. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk cair yang diencerkan setiap dua hingga tiga minggu selama musim pertumbuhan (musim semi hingga musim gugur). Hindari pemupukan di musim dingin saat tanaman berada dalam keadaan dorman.

5. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk merangsang pertumbuhan, membuang cabang yang mati atau sakit, dan membentuk tanaman. Gunakan gunting pemangkasan yang steril untuk menghindari infeksi.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Kakiseribu dapat terkena hama seperti kutu daun dan tungau laba-laba. Penggunaan sabun insektisida atau neem oil bisa efektif untuk mengendalikan hama. Jika ada tanda-tanda penyakit seperti daun yang layu atau bercak, potong bagian yang terinfeksi dan buang jauh dari tanaman lain.

7. Penyulaman dan Pembaharuan Tanah

Dalam beberapa tahun, tanaman akan tumbuh dan mungkin memerlukan penyulaman ke pot yang lebih besar dengan tanah segar. Ini juga memberikan kesempatan untuk memeriksa kesehatan akar dan memotong bagian yang terlihat busuk atau rusak.

8. Berhati-hati dengan Duri

Kakiseribu memiliki duri yang tajam, jadi gunakan sarung tangan tahan tusukan saat merawat atau memangkas tanaman untuk menghindari cedera.

9. Perhatikan Kelembapan

Meskipun tahan kekeringan, kakiseribu juga membutuhkan kelembapan yang cukup. Namun, terlalu banyak kelembapan, terutama di udara, dapat menyebabkan masalah jamur. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik di sekitar tanaman.

10. Perlindungan dari Suhu Dingin

Kakiseribu tidak tahan terhadap suhu dingin yang ekstrem. Di daerah yang mengalami musim dingin, pindahkan tanaman ke dalam ruangan atau ke area yang tidak terkena embun beku.

Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan ini, kakiseribu Anda akan tumbuh kuat dan sehat, memberikan warna dan keindahan ke taman atau ruangan Anda. Ingat, kesabaran dan perhatian terhadap detail adalah kunci dalam merawat tanaman apapun.

By edwards