Mood atau suasana hati yang baik sangat penting untuk kesehatan emosional dan kualitas hidup secara keseluruhan. Ternyata, apa yang kita makan dapat mempengaruhi mood kita secara signifikan. Beberapa makanan kaya akan nutrisi tertentu yang dapat membantu meningkatkan neurotransmitter di otak yang terkait dengan perasaan bahagia dan tenang. Berikut adalah beberapa makanan yang diketahui dapat membantu meningkatkan mood:

  1. Ikan Berlemak
    • Salmon, Makarel, Sarden: Kaya akan asam lemak omega-3, yang memainkan peran penting dalam fungsi otak dan dapat membantu mengatur mood.
  2. Coklat Gelap
    • Coklat dengan kandungan kakao tinggi: Mengandung flavonoid, kafein, dan teobromin, yang dapat berfungsi sebagai peningkat mood alami.
  3. Kacang dan Biji-Bijian
    • Kenari, Almond, Biji Labu, Biji Bunga Matahari: Sumber magnesium yang baik, yang telah dikaitkan dengan peningkatan mood dan relaksasi.
  4. Buah-Berries
    • Strawberry, Blueberry, Raspberry: Tinggi antioksidan yang dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan.
  5. Sayuran Hijau
    • Bayam, Kale, Swiss Chard: Kaya akan folat, yang penting untuk produksi dopamin dan serotonin, neurotransmitter yang mempengaruhi mood.
  6. Biji-Bijian Utuh
    • Quinoa, Gandum, Oat: Kompleks karbohidrat yang membantu dalam produksi serotonin, yang dapat meningkatkan mood dan memberikan energi yang berkelanjutan.
  7. Probiotik
    • Yogurt, Kefir, Kimchi, Sauerkraut: Probiotik membantu kesehatan usus, yang memiliki hubungan kuat dengan mood dan kesehatan mental secara keseluruhan.
  8. Kacang Polong dan Lentil
    • Kacang-kacangan: Kaya akan serat dan protein, stabilisasi gula darah mereka dapat membantu menghindari perubahan mood.
  9. Buah-buahan
    • Pisang, Alpukat, Jeruk: Mengandung vitamin B6 yang membantu produksi neurotransmitter yang mempengaruhi mood seperti serotonin.
  10. Susu dan Produk Susu
    • Keju, Susu: Kaya akan kalsium, yang dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan, serta membantu dalam fungsi saraf yang sehat.
  11. Telur
    • Telur: Mengandung kolin, selenium, dan vitamin D, yang semuanya terlibat dalam produksi neurotransmitter yang berfungsi dalam pengaturan mood.
  12. Daging Tanpa Lemak
    • Dada Ayam, Daging Sapi Lean: Sumber protein dan asam amino esensial yang diperlukan untuk produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin.

Kesimpulan:
Makanan yang kita konsumsi tidak hanya memberi energi untuk tubuh kita tetapi juga memiliki efek yang mendalam pada otak kita dan bagaimana kita merasa. Makanan kaya nutrisi seperti omega-3, magnesium, probiotik, dan vitamin B dapat berkontribusi pada perbaikan mood dan kesejahteraan emosional kita. Namun, penting untuk diingat bahwa makanan bukanlah pengganti untuk pengobatan medis jika Anda mengalami gangguan mood yang serius, dan konsultasi dengan profesional kesehatan selalu dianjurkan. Menciptakan pola makan seimbang yang mencakup berbagai makanan yang disebutkan di atas dapat membantu mendukung kesehatan mental dan mood yang positif.

By edwards