edwards2010.com

edwards2010.com – Pelawak senior Indonesia, Parto Patrio, baru-baru ini divonis mengidap batu ginjal yang membutuhkan perawatan medis intensif, termasuk operasi. Kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor yang tidak hanya berkaitan dengan asupan cairan yang tidak cukup tetapi juga karena tingginya kadar asam urat dalam tubuhnya.

Faktor Penyebab Batu Ginjal
Dalam sebuah wawancara di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Parto menjelaskan kepada media bahwa dokter telah mengidentifikasi batu ginjalnya sebagai batu asam urat. “Kurang minum adalah salah satu penyebab, tetapi batu asam urat juga menjadi faktor utama,” ujar Parto. Selain itu, kebiasaan makan Parto yang sering mengkonsumsi kacang-kacangan turut berkontribusi pada tingginya kadar asam urat yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan ginjalnya.

Kebiasaan Makan yang Berisiko
Parto mengakui bahwa ia sering mengkonsumsi kacang karena percaya bahwa kacang baik untuk kesehatan jantung. Namun, ia tidak menyadari bahwa konsumsi kacang secara berlebihan dapat meningkatkan risiko asam urat. “Saya suka kacang karena dianggap baik untuk jantung, tetapi ternyata ini juga meningkatkan asam urat saya,” jelasnya.

Kesadaran Terhadap Masalah Ginjal
Lebih lanjut, Parto menyatakan bahwa ia telah lama menyadari adanya masalah pada ginjalnya. Namun, baru-baru ini ia mengetahui bahwa pasir yang ada di ginjalnya sudah menggumpal menjadi batu. Situasi ini menuntut tindakan medis segera untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

Harapan untuk Pemulihan
Dengan diagnosis yang tepat dan dukungan medis yang kuat, Parto berharap dapat mengatasi masalah kesehatan ini dan kembali aktif dalam kegiatan sehari-hari. Ia juga mengingatkan publik tentang pentingnya menjaga pola makan dan hidrasi yang cukup untuk mencegah masalah kesehatan serupa.

By edwards