edwards2010.com

edwards2010.com – Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, dilaporkan telah menggunakan terminologi berat untuk menggambarkan situasi di Gaza dalam pertemuan dengan delegasi warga Palestina. Shireen Awwad Hilal, seorang akademisi dari Bethlehem Bible College, menyampaikan bahwa Paus menyebut kondisi tersebut sebagai ‘genosida’ saat menanggapi narasi pribadi dari para delegasi mengenai dampak konflik pada keluarga mereka. Sumber informasi ini diambil dari laporan Middle East Eye.

Pernyataan dari Vatikan Terkait Penggunaan Istilah oleh Paus

Menanggapi klaim tersebut, Matteo Bruni, juru bicara Vatikan, menyatakan ketidakpastian terkait penggunaan istilah “genosida” oleh Paus Fransiskus. Bruni menekankan bahwa Paus biasanya menggunakan fraseologi yang konsisten dengan apa yang telah dia sampaikan dalam audiensi umum, dan menyoroti kondisi tragis yang terjadi di Gaza.

Konteks Agresi Militer Israel terhadap Palestina

Konteks dari pertemuan dan pernyataan tersebut adalah agresi militer yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina sejak tanggal 7 Oktober, yang termasuk dalam pemberian label perang terhadap kelompok Hamas. Operasi ini telah dilaporkan menargetkan struktur-struktur sipil, termasuk rumah sakit, menambah kompleksitas pada situasi kemanusiaan yang sudah parah.

Perkembangan Menuju Gencatan Senjata

Kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas telah tercapai sebagai respons terhadap konflik berkepanjangan ini. Kesepakatan tersebut, yang diharapkan akan diterapkan dalam waktu 24 jam dari pengumumannya, menandai sebuah titik balik potensial dalam usaha penyelesaian konflik dan mengurangi eskalasi kekerasan di kawasan tersebut.

By edwards