EDWARDS2010 – Seychelles, sebuah negara kepulauan yang terkenal dengan pantai-pantai pasir putih dan perairan berwarna turquoise, juga menawarkan kekayaan kuliner yang memukau. Di ibu kota Victoria, pengaruh kuliner dari Afrika, Eropa, dan Asia bertemu dan bercampur, menciptakan sajian-sajian khas yang memanjakan lidah. Berikut adalah beberapa makanan terkenal yang bisa Anda temukan di Victoria, Seychelles.

  1. Creole Fish Curry
    Salah satu hidangan utama dalam kuliner Seychelles adalah Creole Fish Curry. Curry ini terbuat dari ikan segar yang dimasak dalam saus kari kental dengan campuran rempah-rempah seperti kunyit, jintan, dan serai, yang memberikan aroma dan rasa khas. Biasanya disajikan dengan nasi dan parut kelapa yang memberikan tekstur dan rasa unik.
  2. Octopus Salad
    Salad Gurita atau Octopus Salad adalah hidangan ringan yang sering dijadikan pembuka. Gurita segar direbus hingga empuk lalu dicampur dengan bumbu seperti bawang, bawang putih, cabai, dan perasan jeruk nipis. Salad ini mencerminkan kesegaran hasil laut Seychelles dan biasanya disajikan dingin.
  3. Breadfruit Chips
    Chips Breadfruit (buah sukun) merupakan camilan yang populer di Seychelles. Buah sukun yang dikupas dan diiris tipis kemudian digoreng hingga renyah. Chips ini seringkali dijadikan pengganti kentang dan memiliki tekstur yang unik dengan rasa yang gurih.
  4. Ladob
    Ladob adalah hidangan yang terdiri dari dua versi: manis dan asin. Versi manisnya biasanya dibuat dengan pisang atau ubi yang direbus dalam susu kelapa dengan vanilla dan kayu manis. Sementara itu, versi asinnya menggunakan daging atau ikan yang juga dimasak dengan susu kelapa dan rempah. Keduanya menawarkan rasa yang kaya dan kompleks.
  5. Shark Chutney
    Chutney Hiu merupakan salah satu hidangan yang unik dari Seychelles. Hiu diolah dengan bawang, bawang putih, jahe, dan cabai serta perasan jeruk nipis. Chutney ini memiliki tekstur yang mirip dengan salad dan biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan utama.
  6. Satini Reken
    Satini Reken adalah sejenis sambal yang terbuat dari teri kering. Teri tersebut dihaluskan bersama bawang, tomat, cabai, dan parutan kelapa. Satini Reken biasanya disajikan sebagai pendamping nasi dan kari, menambahkan sensasi pedas yang nikmat pada makanan.
  7. Bat Curry
    Curry Kelelawar, yang dikenal sebagai Bat Curry, adalah salah satu hidangan yang paling eksotis di Seychelles. Kelelawar buah diracik dengan hati-hati dalam campuran rempah-rempah kari dan dimasak hingga dagingnya lembut. Meskipun mungkin terdengar tidak biasa bagi beberapa paladar, hidangan ini adalah bagian dari sejarah kuliner lokal.
  8. Fruit Rougaille
    Rougaille adalah saus tomat pedas yang seringkali dijadikan sebagai dasar dalam banyak masakan Kreol. Versi buah dari Rougaille ini biasanya mengandung tomat, bawang, cabai, serta potongan buah-buahan segar seperti mangga atau nanas, menghasilkan rasa pedas manis yang menyegarkan.

Kesimpulan:
Victoria, Seychelles, bukan hanya surga bagi penikmat pantai, tapi juga bagi para penjelajah rasa. Dari hidangan utama hingga camilan, kuliner khas Seychelles menawarkan pengalaman rasa yang beragam dan menggugah selera. Jadi, ketika Anda berkesempatan mengunjungi Victoria, pastikan untuk mencicipi kekayaan kuliner yang ditawarkan oleh pulau indah ini.

By edwards