Menggunakan kacamata atau lensa kontak sesuai dengan resep dokter mata dapat membantu memperbaiki penglihatan saat melihat objek yang dekat.

Lakukan Latihan Mata

Peregangan mata, latihan fokus, dan gerakan mata dapat membantu meningkatkan kelenturan mata dan mengurangi ketegangan pada mata.

Istirahatkan Mata Secara Teratur

Istirahatkan mata secara berkala saat bekerja atau membaca untuk mengurangi kelelahan mata dan meminimalkan efek rabun dekat yang disebabkan oleh aktivitas dekat yang berlebihan.

Perbaiki Pencahayaan

Pastikan ruangan tempat Anda membaca atau bekerja memiliki pencahayaan yang cukup agar mata tidak terlalu tegang saat fokus pada objek yang dekat.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata

Makanan yang mengandung vitamin A, omega-3, dan antioksidan seperti wortel, ikan salmon, dan blueberry dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Periksa Mata secara Teratur

Penting untuk menjadwalkan pemeriksaan mata secara berkala untuk memastikan kesehatan mata Anda, dan konsultasikan dengan profesional kesehatan mata jika mengalami gangguan penglihatan.

Dengan perubahan gaya hidup sederhana dan perhatian ekstra pada kesehatan mata, Anda dapat mengatasi rabun dekat dan menjaga penglihatan Anda tetap sehat. Jika masalah penglihatan Anda persisten, segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan mata untuk penanganan lebih lanjut.

By edwards