EDWARDS2010 – Singapura, sebuah negara kota yang terkenal dengan keragaman kulturalnya, menawarkan kekayaan kuliner yang mencerminkan campuran etnik Melayu, Cina, India, dan Eropa. Berikut ini adalah beberapa makanan yang telah menjadi ikonik dan wajib dicoba ketika mengunjungi Singapura.

Hainanese Chicken Rice

Makanan ini dianggap sebagai makanan nasional Singapura. Ayam Hainan terdiri dari ayam yang dimasak dengan cara khusus hingga dagingnya lembut dan juicy, disajikan dengan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, bawang putih, dan jahe, membuatnya penuh aroma.

Laksa

Laksa adalah sup mi yang kaya rasa, sebuah perpaduan antara pengaruh Cina dan Melayu. Laksa Singapura biasanya memiliki kuah santan yang kental dengan tambahan pasta udang, disajikan dengan mi, udang, ikan, dan terkadang ayam.

Chilli Crab

Kepiting saus cabai adalah salah satu hidangan terkenal di Singapura. Kepiting disajikan dalam saus yang kental dan pedas yang terbuat dari tomat, cabai, dan telur. Biasanya disajikan dengan mantou (roti manis goreng) untuk menyerap sausnya.

Char Kway Teow

Merupakan mi goreng yang merupakan perpaduan dari pengaruh kuliner Cina. Biasanya terdiri dari mi pipih yang digoreng dengan kecap, udang, kerang, telur, tauge, dan sosis Cina dengan sedikit api untuk menambahkan rasa ‘wok hei’ yang khas.

Roti Prata

Roti prata adalah roti canai yang garing dan lembut yang berasal dari India. Biasanya disajikan dengan kari daging atau sayur sebagai celupan. Ini adalah makanan yang populer untuk sarapan atau makan malam.

Satay

Satay adalah daging yang dipanggang di atas arang dalam tusukan bambu, biasa ditemukan di Malaysia dan Indonesia, namun Singapura memiliki versinya sendiri yang disajikan dengan bumbu kacang yang lezat dan potongan timun dan bawang.

Tau Huay

Pencuci mulut ini adalah tahu sutra yang disajikan dengan sirup gula atau gula jahe. Teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang halus menjadikannya pencuci mulut yang sempurna setelah makan malam yang kaya rasa.

Kaya Toast

Kaya toast adalah roti bakar yang diolesi dengan selai kaya, selai yang terbuat dari telur, gula, santan, dan daun pandan. Biasanya disajikan dengan kopi Singapura dan telur setengah matang sebagai sarapan khas lokal.

Bak Kut Teh

Hidangan sup tulang babi ini memiliki dua variasi: tipe peppery Teochew dan tipe herbal Klang. Disajikan dengan potongan daging babi yang lembut dan berbagai rempah-rempah, Bak Kut Teh adalah makanan penghangat badan yang populer.

Popiah

Popiah adalah semacam lumpia segar yang diisi dengan campuran sayuran seperti lobak rebus, kecambah, dan kadang-kadang dengan tambahan daging atau udang, dibungkus dengan kulit yang tipis dan lembut.

Kuliner Singapura adalah gambaran dari keanekaragaman budaya yang ada di negara tersebut. Setiap hidangan membawa cerita dan sejarahnya sendiri, menciptakan sebuah palet rasa yang kaya dan memuaskan bagi siapa saja yang berkesempatan untuk menikmatinya. Jika Anda berada di Singapura, pastikan untuk mencicipi ragam makanan ini sebagai bagian dari pengalaman Singapura yang otentik.

By edwards