EDWARDS2010 – Indonesia, negara tropis dengan cuaca yang cenderung hangat, memiliki beragam minuman tradisional yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga menggugah selera. Salah satu minuman dingin favorit yang sering dijadikan penawar dahaga adalah Es Teler. Minuman ini adalah perpaduan sempurna dari buah-buahan eksotis dan santan yang kental, membuatnya menjadi pilihan tepat untuk menemani siang yang terik atau sebagai penutup makan besar bersama keluarga.

Sejarah Es Teler

Es Teler merupakan minuman khas Indonesia yang diciptakan pada tahun 1957 oleh seorang pedagang asal Jepara, Jawa Tengah. Nama “teler” sendiri diambil dari efek ‘setengah mabuk’ atau rileks yang diberikan oleh minuman ini karena kombinasi bahan-bahannya yang unik. Sejak saat itu, Es Teler telah menyebar ke seluruh penjuru tanah air dan menjadi minuman yang dicintai banyak orang.

Bahan-Bahan Es Teler

Untuk membuat satu porsi Es Teler yang menyegarkan, Anda akan memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 100 gram alpukat, keruk dengan sendok
  • 100 gram kelapa muda, keruk dagingnya
  • 100 gram nangka, potong kecil-kecil
  • 50 gram cincau hitam, potong dadu
  • Es serut secukupnya
  • 100 ml susu kental manis
  • 150 ml santan kental, siap pakai
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • Gula pasir secukupnya (opsional)
  • Air matang secukupnya
  • Sedikit garam

Langkah Pembuatan Es Teler

  1. Persiapan Bahan
    Siapkan semua buah yang akan digunakan. Keruk daging alpukat, potong daging kelapa muda, dan potong nangka menjadi potongan kecil. Sisihkan cincau yang sudah dipotong dadu.
  2. Penyusunan dalam Gelas
    Ambil gelas saji yang cukup besar. Susun secara bergantian daging alpukat, kelapa muda, nangka, dan cincau hitam ke dalam gelas.
  3. Penambahan Es dan Bahan Cair
    Tambahkan es serut hingga memenuhi gelas. Tuangkan susu kental manis secara merata di atas es. Jika Anda menyukai rasa yang lebih manis, bisa menambahkan sedikit gula pasir.
  4. Pencampuran dengan Santan dan Sirup
    Tuangkan santan kental ke dalam gelas. Berikan beberapa tetes sirup cocopandan untuk menambah aroma dan rasa yang khas. Tambahkan sedikit garam untuk mengimbangi manisnya minuman.
  5. Penyajian
    Aduk perlahan semua bahan dalam gelas hingga tercampur rata. Es Teler kini siap disajikan.

Es Teler menawarkan sensasi rasa yang unik—perpaduan manis, gurih, dan segar. Minuman ini tidak hanya cocok untuk menyegarkan tenggorokan tapi juga untuk menikmati berbagai tekstur dari bahan-bahannya yang lezat. Keistimewaan Es Teler terletak pada kombinasi buah-buahan lokal yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga melambangkan kekayaan budaya kuliner Indonesia. Buatlah Es Teler sebagai sajian istimewa untuk keluarga atau sebagai penutup santapan bersama teman-teman, dan nikmati kebersamaan dengan semangkuk kebahagiaan yang dingin dan menyegarkan.

By edwards