edwards2010.com

edwards2010.com – Pagi ini, Masjid Istiqlal memulai proses penyembelihan hewan kurban, yang dimulai dengan sapi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya.

Sejak pagi, tepatnya pukul 07.35 WIB, kegiatan penyembelihan telah berlangsung di rumah pemotongan hewan (RPH) yang berlokasi di area Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, menurut laporan detikcom pada Selasa (18/6/2024). Sebuah tim dari Masjid tersebut terlibat dalam proses penyembelihan, mulai dari mengatur posisi hewan hingga pemotongan.

Salah satu momen penting adalah penyembelihan sapi jenis simental milik Presiden Jokowi, yang memiliki bobot lebih dari 1,2 ton. Proses ini melibatkan lebih dari 10 orang dari tim penyembelihan dan diiringi dengan lantunan takbir.

“Kita mulai dengan sapi dari RI 1 (Presiden Jokowi) dan keluarganya,” kata salah satu anggota tim di RPH.

Penyembelihan berlangsung lancar dan diikuti dengan pemotongan hewan menjadi beberapa bagian. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan penyembelihan sapi jenis limosin milik Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Tim berusaha memposisikan sapi menghadap kiblat selama proses penyembelihan jika situasi memungkinkan.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan kurban, Juru Bicara Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, menyampaikan pesan dari Imam Besar Nasaruddin Umar. Beliau menekankan pentingnya melaksanakan penyembelihan sesuai dengan syariat Islam dan menghindari keburu-buru.

“Petunjuk dari Imam Besar adalah agar proses penyembelihan dilakukan secara syar’i sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Jangan tergesa-gesa sebelum ada instruksi dari tim syar’i,” kata Ismail.

Beliau menambahkan bahwa setiap hewan yang dikurbankan merupakan manifestasi dari niat para penyumbang, sehingga penting untuk diperhatikan dengan seksama.

Penyembelihan berikutnya adalah untuk sapi milik Prabowo Subianto. Setelah proses penyembelihan selesai, daging kurban dari Masjid Istiqlal akan didistribusikan kepada sekitar 25 ribu masyarakat yang membutuhkan.

By edwards