edwards2010.com

edwards2010.com – Jantung memegang peran esensial dalam memompa darah dan mendukung fungsi vital tubuh manusia, terutama pada bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kesehatan jantung yang prima menjadi prasyarat untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak.

Intervensi Bedah pada Kondisi Kardiak Anak

Seringkali, bayi dan anak-anak mungkin mengalami kondisi patologis jantung yang memerlukan tindakan bedah. Menurut dr. Ismail Dilawar, SpBKTV Subsp. JD (K) dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, tindakan bedah jantung harus dilakukan dengan cepat dan tepat, seringkali melibatkan teknik minimal invasif untuk memperbaiki atau mengganti komponen jantung yang rusak.

Manfaat Teknik Minimal Invasif

Teknik minimal invasif mengurangi trauma bedah, menghasilkan bekas luka yang lebih kecil, dan meminimalkan rasa tidak nyaman setelah operasi. dr. Ismail menjelaskan bahwa dalam teknik ini, akses operasi dilakukan melalui celah interkostal dengan incisi sekitar 3 hingga 5 cm, menggunakan instrumen endoskopik, berbeda dengan bedah konvensional yang membutuhkan pemotongan tulang dada.

Implikasi pada Perkembangan Anak

Operasi jantung dengan teknik minimal invasif pada anak-anak meminimalkan gangguan pada perkembangan tulang dada dan proses pertumbuhan. Ini penting karena pemotongan tulang dada pada prosedur konvensional dapat mengakibatkan komplikasi jangka panjang pada anak yang masih berkembang.

Kondisi yang Ditangani

Prosedur bedah ini seringkali ditujukan untuk mengatasi masalah jantung kongenital seperti kebocoran dinding jantung dan kelainan pada katup atau pembuluh darah. Pengobatan kondisi ini melalui bedah jantung bertujuan untuk mendukung prospek jangka panjang kesehatan anak, memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang secara normal.

Fasilitas Pusat Layanan Terpadu

Mayapada Hospital menawarkan layanan terpadu di Cardiovascular Center, yang dilengkapi dengan tenaga medis spesialis dan subspesialis, serta teknologi canggih. Layanan ini mencakup seluruh spektrum perawatan jantung, dari skrining dan diagnosis hingga operasi dan rehabilitasi, termasuk layanan kegawatdaruratan yang tersedia 24 jam.

Inisiatif Mayapada Hospital dalam menerapkan teknik bedah minimal invasif untuk perawatan jantung pada anak-anak menandai kemajuan signifikan dalam meningkatkan hasil klinis dan kualitas hidup pasien muda. Teknologi bedah yang canggih dan pendekatan yang berpusat pada pasien menjadi pijakan utama dalam menyediakan perawatan yang lebih aman dan efektif bagi generasi masa depan.

By edwards